Friday, May 8, 2015

Minggu ke-8 - Kebangkitan Otak Kanan

Selasa,28 April 2015

Hari ini adalah pertemuan pertama kali dalam kelas Creative Thinking setelah berakhirnya Ujian Tengah Semester. Pertemuan pertama kami dimulai dengan pembahasan mengenai Tugas UTS yang telah dikerjakan. Beberapa mahasiswa dengan nilai terbaik diminta ke depan kelas untuk menjelaskan isi dari makalah yang telah dibuat. 

Kali ini , Bu Sandra menjelaskan mengenai materi "Kebangkitan Otak Kanan". Seperti yang telah kita ketahui, otak kanan berkaitan erat dengan kreativitas. Hal tersebut dijelaskan oleh Daniel Pink dalam bukunya A Whole New Mind. Isi dari buku tersebut mengenai kiat memenangkan persaingan global dimana orang yang memiliki otak kanan dominan akan memenangkan persaingan. 


Di buku ini dijelaskan , ada 3 trend yg jadi tantangan & ancaman (khususnya bagi amerika) yaitu keberlimpahan, asia dan otomatisasi. Maksudnya adalah :

Tantangan kelimpahan: bgmn menciptakan produk/jasa yg tidak hanya fungsional, tapi juga arti estetik/transendens
Kelimpahan: ada banyak sekali alternatif untuk sebuah produk. Ingin HP? Ada berapa bnyk alternatif pilihannya.

Tantangan asia: apakah ada orang lain yg bisa melakukan bisnis/karir kita dengan biaya lbh murah? Bila ada, itu ancaman
Asia: kalangan intelektual asia dengan kepandaian yg setara tp bersedia digaji lebih“murah” daripada orang amerika

Tantangan otomatisasi: apakah mesin/komputer bisa melakukan bisnis/karir kita dg lbh cepat? Bila iya, itu ancaman!
Otomatisasi: banyak aktivitas produksi bisa dikerjakan lbh cepat oleh mesin/komputer

Setelah memperhatikan ketiga hal tersebut, saat ini kita dihadapkan pada zaman konseptual dimana konsep menjadi raja, konsep adalah hal yang paling penting. Konseptual dapat muncul karena ketiga hal tadi.Terdapat 6 indra di zaman konseptual yaitu desain,cerita,simfoni,empati,bermain,makna.

Sesungguhnya tidak ada yang lebih baik antara otak kiri ataupun otak kanan , keduanya memiliki peranan masing-masing yang membentuk suatu kesatuan utuh. Jika ingin menjadi seseorang yang sukses gunakanlah rumus :

HIGH CONCEPT (OTAK KIRI)
&
HIGH TOUCH (OTAK KANAN) 


Bu Sandra Menjelaskan Materi



No comments:

Post a Comment