Friday, May 8, 2015

Kuliah Umum Creative Thinking Bersama Jay Wijayanto

Jumat,8 Mei 2015


Hari ini kami mahasiswa FIKom Untar melaksanakan kuliah dan mendatangkan seorang dosen tamu dalam mata kuliah Creative Thinking yaitu Jay Wijayanto. 

Siapakah Jay Wijayanto ? Jay Wijayanto adalah konduktor paduan suara, ahli pelatihan suara, aktor film, desainer batik, penulis, fasilitator pengembangan organisasi dan pemberdayaan masyarakat, pengembang kuliner Nusantara, perancang program dan gerakan sosial, perancang pertunjukan panggung dan terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan seni dan gerakan penguatan masyarakat pertanian dan pesisir. Jay Wijayanto adalah salah satu tokoh kreatif yang terkenal di Indonesia.


Jay Wijayanto
Jay Wijayanto menjelaskan mengenai bagaimana cara-cara berpikir kreatif seperti apa yang telah dilakukan oleh dirinya. Ia bahkan berbagi pengalamannya dalam bidang industri kreatif yang digelutinya. Ia juga memaparkan beberapa materi yang ia sajikan melalui slide presentasi. Ia menjelaskan mengenai "Why Asians are Less Creative Than Westernes" , "The Power of Idea" , dan "Creative Economy as The Soft Power". 

Menurut Jay, Untuk menjadi seseorang yang kreatif kita harus memiliki konsep dalam hidup, apa yang ingin kita lakukan kedepannya dan tentu saja harus berani untuk berpikir out of the box. Ide merupakan kunci utama dalam kesuksesaan. Kita kerap kali merasa takut untuk berpikir berbeda karena takut akan kegagalan. Pada awalnya kita pasti ditertawai,dicibir oleh orang lain karena pemikiran kita yang berbeda dan dianggap aneh. Namun pada akhirnya kita akan dapat meraih kesuksesan dengan pikiran yang dianggap aneh tersebut.

Jay Wijayanto juga mengajak kita menyadari , banyak sekali mahasiswa yang saat ini kuliah hanya terpaku pada sesuatu tujuan tertentu seperti hanya ingin mendapatkan gelar ataupun tuntutan orang tua. Hal ini membuat mahasiswa hanya menghafalkan materi dalam setiap mata kuliah dan kemudian melupakannya. Jay menyatakan bahwa hal tersebut sangatlah sia-sia dan tidak akan membuat kita menjadi seseorang yang sukses. Kita memerlukan ide dalam mempelajari suatu materi di kelas dan bukan semata-mata menghafalkannya saja. Dengan nilai atau IP yang baik belum tentu anda akan menjadi orang yan sukses. Karena orang yang sukses bukan orang yang pintar melainkan orang yang kreatif.

Dari kuliah umum ini saya mendapatkan banyak hal, Jay Wijayanto benar- benar adalah seseorang tokoh yang sangat inspirasional yang membuat saya menyadari bahwa berpikir kreatif harus diaplikasikan dalam setiap hal yang saya lakukan. Kita harus berani untuk mencoba dan berpikir out of the box tanpa takut akan adanya kegagalan. Dalam hidup juga perlu adanya konsep yang dibangun di dalam diri kita untuk dapat menunjang kesuksesan. Kita juga harus dapat menjalankan sektor industri kreatif apabila kita ingin menjadi seseorang yang sukses. 
Suasana Kelas Umum Bersama Jay Wijayanto

***

No comments:

Post a Comment