Friday, May 22, 2015

Minggu ke-11 - A Whole New Mind

 Selasa,19 Mei 2015

Hari ini kelas dimulai dengan memelogy project dari kelompok kedua. Hari ini mereka memainkan video clip parody yang menceritakan kisah cinta seorang wanita yang tidak eksis dengan seorag laki-laki yang populer. Pada akhirnya wanita tersebut pun hidup bahagia bersama laki-laki lain.

Kelompok 2 membawakan Video Clip
Kali ini kelas Creative Thinking membahas mengenai tahapan menuju masyarakat modern. Dimulai dari tahap pemburu - petani - pekerja pabrik - pekerja intelektual - pencipta.
Tahap pencipta yang dimaksud disini adalah para masyarakat modern. Disebut sebagai pencipta karena masyarakat modern memberikan nilai baru bagi sesuatu yang sudah ada. Sesuatu yang sudah ada diubah menjadi sesuatu yang jauh lebih bermanfaat. 

Salah satu contoh hasil dari masyarakat modern dapat dilihat dari zaman konseptual ini . Seperti pengobatan cerita yang dibuat oleh Sekolah Medis Universitas Columbia. Pengobatan cerita merupakan konsep yang baru dan dianggap lebih efektif dibandingkan pengobatan medis biasanya. 
Masih banyak contoh-contoh lain yang ada di zaman konseptual ini .

Di Zaman Konseptual, yang menjadi pemenang adalah yang mempunyai konsep terbaik. Otak manusia dikalahkan oleh mesin. Salah satu contohnya adalah Garry Kaparov. Ia adalah pemain catur terbaik di dunia. Namun kini otaknya telah dikalahkan oleh mesin game catur. 

Garry Kasparov
Kebangkitan otak kanan pun dianggap lebih dominan dibandingkan dengan otak kiri. Padahal sesungguhnya baik otak kanan ataupun otak kiri mempunyai peranannya masing-masing dalam penciptaan kreatifitas.

***

No comments:

Post a Comment