Saturday, March 21, 2015

Minggu ke-5 -- Berpikir Kreatif

Selasa,17 Maret 2015 

Saat ini kami telah memasuki minggu ke-5 untuk mata kuliah Creative Thinking. Minggu ini dimulai dengan penjelasan dari Bu Sandra mengenai makalah yang akan kami buat untuk UTS nanti. Kami diminta untuk mewawancarai seorang tokoh yang kreatif dan hasil dari wawancara tersebut akan dibuat dalam makalah. 

Setelah itu dilanjutkan dengan presentasi dari kelompok Yunani. Mereka menjelaskan mengenai sejarah kreatifitas Yunani yang berfokus pada arsitektur di negara Yunani. Yunani memiliki bangunan-bangunan yang biasa digunakan sebagai tempat untuk menyembah para Dewa. Masyarakat Yunani percaya kepada dewa-dewa seperti Poseidon,Hermes,Athena,dan masih banyak lagi. Bangunan-bangunan itu lah yang menjadi kreatifitas utama dari negara Yunani. 



 Kelompok Yunani



Parthenon
Bangunan Klasik Yunani




Kelompok selanjutnya yang maju untuk presentasi adalah kelompok Indonesia. Mereka menjelaskan sejarah kreatifitas Indonesia negara kita tercinta. Negara kita tentu memiliki beragam kreatifitas yang diwariskan secara turun temurun sejak jaman dahulu. Seperti batik. Batik merupakan salah satu bentuk kreatifitas negara Indonesia. Indonesia juga memiliki Candi Borobudur yang juga diakui sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Candi Borobudur merukapakan ikon utama dari negara Indonesia. Kita bisa melihat bahwa Indonesia adalah negara yang penuh dengan kreatifitas yang berlimpah. Oleh karena itu kita harus mencintai negara kita, Indonesia. 


Kelompok Indonesia



  Candi Borobudur - Indonesia



Hari ini Bu Sandra melanjutkan kembali materi nya mengenai "Berpikir Kreatif". Kita mengenal Teori Wallas yang menyatakan bahwa proses penciptaan disebut juga dengan proses kreatif.
Teori Wallas merupakan salah satu teori yang sampai sekarang banyak dikutip adalah teori Wallas yang dikemukakan pada tahun 1926 dalam bukunya “The Art of Thought” (Piirto, 1992) yang menyatakan bahwa proses kreatif meliputi empat tahap, yaitu (1) persiapan, (2) inkubasi, (3) iluminasi, dan (4) verifikasi. 
Kemudian kita mengenal Theory of Multiple Intelegence yang dikemukakan oleh Howard Gardner yang juga menjelaskan mengenai proses kreatifitas. 
Bu Sandra menjelaskan Theory of Multiple Intelegence
                     
                       
Lalu bagaimanakah cara kita untuk dapat meningkatkan kreatifitas?
Ada beberapa cara meningkatkan kreatifitas yaitu :
1. Memilih waktu yang tepat sendiri-sendiri
2. Dapat mengatasi masalah pribadi
3. Dikelilingi oleh orang yang baik dan pintar , dan sayang kepadamu

***




No comments:

Post a Comment