Friday, March 6, 2015

Minggu ke-3 - Mengapa manusia berkreasi ?

Selasa,3 Maret 2015

Saat ini kami telah memasuki pertemuan ke tiga dalam kelas Creative Thinking. Pertemuan hari ini dimulai dengan presentasi mengenai Sejarah Kreatifitas Bangsa. Ada dua kelompok yang akan maju yaitu kelompok Mesir dan kelompok China. Bu Sandra memberikan waktu masing-masing 15 menit untuk tiap kelompok yang tampil. Kelompok Mesir menjadi kelompok pertama yang maju dan menjelaskan mengenai sejarah kreatifitas di Mesir. Mulai dari Spinx, Buku Kematian dan lain sebagainya. Ternyata yang dijelaskan oleh kelompok Mesir tidak sesuai dengan apa yang dimaksudkan dengan Ibu Sandra.




                                                                         Kelompok Mesir

Kemudian dilanjutkan dengan presentasi oleh kelompok China. Kelompok China menjelaskan mengenai sejarah kreatifitas negara China mulai dari Tembok China, Perayaan Imlek dan lain sebagainya.Dari presentasi tersebut kita menjadi tahu bahwa masyarakat mempunyai sisi kreatif dimana mereka membuat tembok China guna dijadikan pertahanan. Dan dapat kita lihat bahwa masyarakat China adalah pekerja keras.Dari dulu hingga sekarang tidak pernah berubah.
Namun kali ini kelompok China juga melakukan presentasi yang tidak sesuai dengan kemauan Ibu Sandra. Ibu Sandra pun menjelaskan mengenai presentasi seperti apa yang ia inginkan agar kelompok selanjutnya tidak lagi melakukan kesalahan. Kedua kelompok tersebut pun diberikan waktu untuk melakukan revisi terhadap pekerjaan mereka.

  
                                                                      Kelompok China


Setelah presentasi telah selesai, Ibu Sandra melanjutkan pada materi selanjutnya yaitu mengenai "Mengapa manusia berkreasi?". Ini merupakan lanjutan dalam mengenal lebih dalam mengenai Creative Thinking. Manusia berkreasi karena beberapa alasan. Yang pertama atas kemauan dirinya sendiri, dan yang kedua karena adanya motivasi dari orang lain atau orang terkenal.  Berdasarkan teori Maslow piramida kebutuhan manusia kita dapat menakar tingkat kreatifitas seseorang.


                                                                 Piramida Kebutuhan Manusia

Ada juga pendapat beberapa ahli mengenai alasan manusia berkreasi. Menurut B.F Skinner "Manusia hasil kreasi lingkungan tempat mereka berada". Dan masih banyak pendapat para ahli lainnya.
Pada intinya , manusia berkreasi karena adanya kebutuhan dasar yaitu keamanan,cinta dan penghargaan. Mereka juga termotivasi oleh lingkungan dan manfaat dari berkreasi itu sendiri.Contohnya agar bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan menyenangkan. Manusia yang kreatif tentu menjadi lebih percaya diri.


                                                              Ibu Sandra menjelaskan materi

***

No comments:

Post a Comment